Laman

Kamis, 05 Januari 2012

MASALAH MESUJI


Menurut berita yang diperoleh terkait konflik di Mesuji, Wahana Lingkungan Hidup  Indonesia (Walhi) membeberkan penyebabnya adalah  pembantaian petani di Kabupaten Mesuji, Lampung, dan Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Kemuring Ilir (OKI), Sumatera Selatan.


Menurut Kepala Departemen Advokasi Walhi Mukri Friatna, pembunuhan warga diakibatkan permasalahan  sengketa tanah dengan penguasaha perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu berpengaruh bagi kota  Lampung sendiri karena telah dinyatakan oleh  Lembaga Masyarakat Adat Lampung (LMAL) bahwa  kasus pembantaian warga di Mesuji Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel), telah merusak nama dan masyarakat Provinsi Lampung secara nasional maupun internasional. 


Untuk mengatasi masalah ini perlu di lakukan penyelidikan lebih lanjut agar memperoleh kebenaran yang pasti sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Untuk itu kerja keras dari aparat pemerintah sangat diperlukan dan untuk masyarakat di Kabupaten Mesuji sendiri harus bisa bersikap lebih tenang agar  suasana setempat tidak menjadi lebih memanas.  


Sikap tenang dan lebih objektif melihat keadaan sangat di perlukan oleh semua lapisan masyarakat maupun aparat Negara agar  kasus ini dapat segera  diselesaikan  dan  dengan solusi yang  tepat  agar tidak mempersulit  permasalahan yang sudah ada sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar