Laman

Senin, 03 Januari 2011

Contoh Aplikasi Manajemen Proyek dan Resiko

    Setiap insan manusia pasti memiliki rancangan dalam hidupnya. beberapa rancangan itu sering di jadikan sebuah proyek yang mana harus diselesaikan dengan pengaturan ( manajemen ) yang baik agar dapat mencapai tujuan pelaksanaan proyek itu.
     Dalam pembuatan sebuah proyek tentu tak bisa dhindari bahwa ada resiko - resiko yang akan dijumpai dan harus dihadapi.
     Pada pembahasan sebelumnya telah kita ketahui apa yg dimaksud dengan proyek ataupun manajemen. maka sekarang yang perlu kita ketahui contoh aplikasi dari Manajemen Proyek serta resikonya.
    Beberapa contoh proyek seperti :
  • pembangunan jembatan
  • penambahan gedung sekolah
  • pembuatan website
  • perluasan jalan 
  • dan masih ada cotoh - contoh yang lain yang dapat kita lihat sendiri dalam kehidupan sekeliling kita.
    Saya mencoba membahas salah satu contoh diatas , yakni : pembangunan jembatan !

  Untuk membangun sebuah jembatan , banyak faktor yang harus diperhatikan , ! seperti : biaya, lokasi, jumlah pekerja , waktu yang di butuhkan, keuntungan pembangunan tersebut, tujuan serta rancangan - rancangan lainnya.

    Mungkin saja dalam pembangunan jembatan tersebut bisa mengalami kegagalan atau rugi  yang mana merupakan  contoh kecil dari resiko pembangunan jembatan , selain itu  biasa saja jatuh korban karena ketidak hati-hatian pekerja sehingga mengakibatkan penundaan yang memakan waktu lumayan lama . hal ini mengakibatkan target untuk menyelesaikannya dalam waktu tertentu menjadi terganggu dan berjalan tidak sesuai lagi dengan target pencapaian yang semestinya telah terprogram.

    Maka manajemen ( penagturan ) harus dilakukan dengan sebaik-baiknya . maka perlu pemikiran yang luas untuk mengatur semua masalah jika terjadi resiko - resiko yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan proyek. sehingga apapun resiko yang nanti di hadapi di lapangan dapat diselesaikan dengan pengaturan ( manajemen ) yang telah dirancang tadi sehingga proyek dapat berjalan dengan baik dan lancar.

    Pendek kata , dapat saya simpulkan : " MANAJEMEN YANG BAIK MENGHASILKAN PROYEK YANG SUKSES DAN TEPAT WAKTU SERTA DAPAT MENGHINDARI DAN MENGATASI SEMUA RESIKO YANG DIHADAPI KETIKA DI LAPANGAN ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar