Laman

Kamis, 18 November 2010

Cara Belajar Ala Ina

Belajar ??? hm.... sepertinya hal yang sangat membosankan bagi sebagian besar  kalangan masyarakat .. namun ada beberapa tips yang dapat membuat kita menikmati apa itu " BELAJAR " !
tips dari Ina untuk kalian :
  1. anggaplah belajar adalah sesuatu permaianan ( game ) dimana ada yang harus kita lewati untuk mencapai sebuah tujuan .
  2. buat pohon akar atau sesuai  kreatifitasmu, seperti gambar boneka, buah anggur atau apa saja yang bisa kau pahami, tuangkan inti sari dari materi yang kamu pelajari dalam gambar itu. misalnya rumus - rumus fisika... karena saling terkait kamu bisa membuatnya seperti rantai- rantai makanan yang saling berhubungan yang artinya tak bisa di lepas pisahkan karena selalu memiliki keterkaitan.
  3. baca materi yang kamu pelajari dengan tujuan mengerti dan bukan menghafal ( kecuali rumus ) , setelah itu garis bawahi informasi - informasi penting yang ada dalam bacaan itu. lalu ulangi membaca informasi- informasi penting tadi hingga benar - benar paham
  4. khusus untuk bahasa inggris metode yang saya gunakan adalah membaca dan mecari artinya ! maksudnya ketika sedang membaca jangan berhenti ketika menemukan kata-kata yang tak kita ketahui artinya, terus lah membaca namun perlu di garis bawahi kata- kata yg artinya tidak kita ketahui itu,, setelah selesai membaca baru kita cari arti dari masing-masing kata tadi ( yang telah digaris bawahi )
  5. mencoba mengulang dengan bahasa sendiri seolah bercerita.
  6. dan coba ciptakan pertanyaan atau soal lalu mencoba menjawabnya sendiri....
semoga sukses ya,, ini cara belajar saya,,, mungkin kalian bisa  mencobanya atau mengambil dari beberapa langkah di atas,, semoga membatu...... upzz.... jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah belajar.. ok ??  tetap semangat buat belajar...... ^_* Gbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar